Desa Wisata Kerajinan Tembaga Dan Kuningan Tumang Boyolali

Westafel Tembaga & Kuningan
Agustus 9, 2019
produk krajinan tembaga dan kuningan boyolali
Mengenal Berbagai Macam Produk Kerajinan Tembaga Dan Kuningan Boyolali
November 13, 2019

Desa Wisata Kerajinan Tembaga Dan Kuningan Tumang – Desa Wisata Kerajinan Tembaga Dan Kuningan, terletak di Desa Tumang.  Desa Tumang berada di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali kurang lebih16 km arah barat dari Kota Boyolali, termasuk wilayah Eks Karesidenan Surakarta.  Kerajinan tembaga Boyolali yang terletak di Desa Tumang merupakan warisan turun temurun yang sudah ada sejak tahun 90 an.

Desa Wisata Kerajinan Tembaga Boyolali

Desa Wisata kerajinan tembaga Boyolali merupakan sentra Kerajinan Tembaga dan Kuningan, industri hulu-hilir. Dimana dari proses bahan baku, sumber daya manusia (Skill), pemasaran, hingga pengelolaan limbah industri (rongsok) menjadi satu. Kesatuan mata rantai pelaku usaha di sentra kerajinan logam di daerah tersebut. Selain pengrajin tembaga dan kuningan ada jenis usaha lain di lingkungan pengrajin tembaga Boyolali yang sama-sama berkecimpung di Bidang pengolahan tembaga dan kuningan. Antara Lain, pengusaha rongsokan (Dalepok), kerajinan Aluminium, Kerajinan alat masak tembaga tradisional, dan tentunya kerajinan ukir tembaga.

Pengrajin tembaga Boyolali memiliki potensi yang besar khususnya di pasar lokal maupun dunia. Dengan adanya Desa Wisata Kerajinan Tembaga Dan Kuningan Tumang yang sebagian besar warganya menjadi pengrajin tembaga dan kuningan. Produk mereka juga laris manis di pasar Amerika dan Eropa, ada sekitar 50 kelompok perajin dengan 2.000 perajin lebih yang mayoritas warga desa setempat.

Produk Akhir Desa Wisata Tumang Boyolali

Beberapa produk akhir Desa Wisata Tumang antara lain, kerajinan Bathtube, wastafel, meja, lampu gantung, pintu nabawi. Selain itu ada lampu meja, lampu dinding, lampu stand, lampu robyong, kubah tembaga dan kuningan, relief, dan lain sebagainya.

Dari Aspek ekonomi perputaran uang di sentra tersebut sangat besar setidaknya perputaran uang mencapai kurang lebih 1 milliar dalam sehari. Jika di kali kan 30 hari maka perputaran uang di sentra industi ini mencapai 30 milliar lebih. Itu merupakan angka yang sangat lah besar untuk sebuah sentra industri pedesaan.

Semakin terbuka-nya pangsa pasar pengrajin tembaga Boyolali maka pengembangan klaster industri kerajinan tembaga menjadi sangat penting. Peran serta pemerintah dan pelaku usaha di sana sangat di perlukan. Hal ini untuk meningkatakan kemampuan penyerapan tenaga kerja di wilayah desa-desa di Kecamatan Cepogo pada umumnya.

Saat ini ketersediaan Insfrastruktur jalan yang memadai, pasar kerajinan, show room bersama. Hal ini merupakan tantangan bagi klaster sentra industri kerajinan tembaga Boyolali  di Tumang yang perlu segera di realisasikan. Mengingat Industri kerajinan tembaga Boyolali merupakan satu –satu nya sentra industri kerajinan tembaga di Indonesia. Selain itu juga untuk di seluruh dunia yang memiliki niche seperti di Tuscon Mexico.

Salah satu pengrajin tembaga Boyolali di Desa Tumang adalah Bapak Muhammad Aan di Tumang Tegalrejo, RT 03/RW 09 Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia. Hubungi kami untuk informasi lebih lengkap dan kami akan memberikan solusi yang terbaik untuk Anda, jangan ragu untuk menghubungi Pengrajin Tembaga Boyolali.

kerajinan tembaga boyolali

Baca juga :

 

TELEPHONE